Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
 
Monday, 26 August 2013

8 KEBIASAAN BURUK YANG TERNYATA BAIK BAGI KESEHATAN



TKJ FILES - 7, Kebiasaan buruk selalu ada dalam diri setiap manusia. Dan tidak ada orang yang tidak memiliki kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk memang menjengkelkan, karena tidak hanya membawa dampak buruk bagi orang lain, diri sendiri pun sering terkena dampak negatifnya.
Terkadang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk, karena sudah menjadi ciri yang melekat dalam diri setiap orang.
Namun, perlu Anda ketahui sebenarnya diantara sifat yang menjadi kebiasaan buruk, kebiasaan buruk itu tidak selalu membawa akibat buruk, ada manfaat lain yang baik untuk kesehatan. Kebiasaan buruk apakah yang ternyata baik untuk kesehatan? Simak penjelasan berikut:
1. Menggigit Kuku
Kebiasaan seseorang yang menggigit kukunya terlihat sangat menjijikkan bagi orang yang melihatnya (jadi, mendingan jangan dilihat). Karena, ketika menggigit kuku maka kotoran beserta kuman dan bakteri yang menempel pada kuku akan ikut masuk ke dalam mulut yang tentunya tidak baik untuk kesehatan.
Namun, menurut sebuah penelitian, kebiasaan menggigit kuku ternyata pekerjaan yang baik. Karena, kuman dan bakteri yang ikut masuk ke dalam mulut dan tertelan ternyata dapat meningkatkan system imun dan kekebalan tubuh.
Jadi, mulai saat ini, tidak perlu lagi membeli gunting kuku untuk memotong kuku Anda. Cukup gigit saja kuku yang panjang karena dapat menigkatkan system kekebalan tubuh.
2. Buang Angin (Kentut)
Kebiasaan buang angin merupakan hal yang dianggap buruk dan jorok, apalagi jika aromanya yang tidak sedap dan dihirup banyak orang.
Namun, kebiasaan buang angin adalah kebiasaan yang sehat dan menandakan Anda makhluk hidup (kecuali pohon, karena pohon tidak kentut). Mengeluarkan angin membantu melancarkan system pencernaan dalam tubuh. Selain itu, buang angina juga merupakan cara yang tepat untuk menyembuhkan perut kembung.
Jadi, tidak perlu lagi menahan kentut karena menahan kentut malah menyebabkan perut kembung. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah etika bagaimana kentut yang tidak dianggap jorok dan mengganggu orang disekeliling Anda.
3. Meregangkan Sendi
Sehabis bekerja, duduk atau pun berdiri yang terlalu lama menyebabkan tubuh menjadi penat. Hal ini diakibatkan sendi-sendi tubuh menjadi kaku. Kebiasaan orang yang meregangkan sendi sampai menimbulkan suara agar sendi tidak kaku dan kembali menjadi rileks dan fleksibel dinilai banyak orang sebagai tindakan yang salah karena dapat mengakibatkan sendi menjadi lemah. Namun terdapat sebuah penelitian yang menyanggah pendapat tersebut. (Namun perlu berhati-hati karena bisa menyebabkan salah urat).
4. Meludah
Setiap orang pasti akan merasa terganggu pemandangannya ketika melihat orang meludah, apalagi meludah di sembarangan tempat. Namun, walaupun terkesan menjijikkan, meludah ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Meludah membantu bernafas lebih baik.
Ketika berolah raga, mulut memproduksi lebih banyak saliva (Saliva: cairan kental yang diproduksi kelenjar ludah). Untuk menguranginya, Anda perlu membuangnya dengan jalan meludah, sehingga Anda merasa lebih nyaman dan bernapas lebih lega. (Yang penting membuang ludah perlu memperhatikan tempat dan kondisi sekelilingnya).
5. Tidur Seharian
Orang tua mana yang tidak marah kalau melihat anaknya tidak bekerja tetapi cuman tidur saja kerjanya sepanjang hari? Tidur yang direkomendasikan dan baik bagi kesehatan yaitu lima sampai tujuh jam sehari.
Namun, tidur seharian seminggu sekali ternyata baik bagi kesehatan karena mampu meningkatkan memori jangka panjang Anda. (Pekerjaan yang tidak disarankan karena hanya pekerjaan orang malas).
6. Makan di Tempat Tidur
Makan di tempat tidur termasuk hal yang tabu dilakukan (kecuali Anda sakit). Untuk apa meja makan dibuat kalau tidak digunakan sesuai dengan fungsinya, begitu pun dengan tempat tidur.
Namun, makan di tempat tidur sambil bersandar di bantal membantu proses pencernaan berjalan dengan baik, sehingga makan menjadi lebih nyaman dan nikmat.
7. Bersendawa
Selain buang angin (kentut), bersendawa juga membantu menyembuhkan perut kembung. Selain itu, walaupun dianggap tidak sopan, kebiasaan yang satu ini membantu mengeluarkan angin dari lambung dan usus Anda, sehingga Anda terhindar dari rasa nyeri di dada.
8. Mengunyah Permen Karet
Adalah tidak sopan jika berbicara dengan orang lain apalagi yang lebih tua dari kita sambil mengunyah permen karet. (Apalagi jika sampai membuat balon yang besar dan meledak mengenai mukanya).
Walaupun begitu, mengunyah permen karet ternyata membantu meningkatkan kekuatan otak dan menahan rasa lapar, serta mengurangi keluarnya air mata akibat rasa pedih saat mengupas bawang merah.
Semoga info kali ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Jangan lupa share ya

0 comments:

Post a Comment

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Post

Followers

 

Updates Via E-Mail